Thursday, August 13, 2009

Angkringan - Fatmawati

Can't imagine before kalau gw bisa makan angkringan di Jakarta. Gw kangen banget makan di angkringan. Remang-remang, makan nasi secuil pakai tempe oseng pedes, tambah sate usus, tempe goreng dan kepala ayam. Minumnya teh Tjatoet panas yang dimasak pakai arang. Hmmmm..yummy..
Waduh kangen Jogja nih. Kapan ya bisa ke sana lagi. Hmmm... ntahlah.
Nahhh..ndilalah sekonyong-konyong si Tofan ama Adit ngajakin gw makan angkringan. Di Jakarta? Iya sih gw pernah dengar katanya di Fatmawati ada angkringan yang enak. Tapi masa sih bisa ngalahin enaknya angkringan di Jogja?
Ngebutlah gw dari acara latihan di Bogor pake Pakuan Express. Partitur..good bye dulu, segeralah gw menyusul Ika, Refi n Mbok Sul n then bergabung bersama Tofan n Adit.
Ternyata boo..beneran ada Angkringan di Fatmawati. Tepatnya deket2 ITC Fatmawati lewat dikit dan letaknya ada di sebelah kanan, berseberangan sama si ITC. Angkringan ini bukanya malam2 (sama kayak angkringan aslinya) n berada di trotoar pertokoan. Ruameenyaaaa.... banyak juga lho yang datang lesehan di sini. Dan teteup ada nuansa remang-remangnya.
Nah menunya pun sama dengan yang di Jogja. Pembedanya lauk pauk di sini lebih banyak dan bisa di bakar juga.
  • Nasinya ada 2 jenis. Ada yang pake oseng tempe pedes dan ada juga yang pake ikan selar n sambel. Gw lebih suka yang pake oseng tempe, karena rasanya lebih pas. Pedesnya itu pas banget, karena nggak terlalu asin dan agak manis dikit. Khas jawa lah. Sampe daun pisangnya gw jilat2 saking enaknya tuh sambel tempe. Nah kalo yang isi ikan selar, sambelnya kurang pas. Terlalu std lah. Tapi cocok juga untuk yang ngga begitu suka pedes.
  • Bermacam sate bisa dipilih. Sate usus, ampela, paru, babat..persis seperti di tukang bubur ayam..uenak uenak rasanya
  • Goreng-gorengannya pun nggak kalah, ada tempe tepung, tahu, tempe n tahu bacem, martabak. Oiya martabaknya enak lho..nggak tau tuh si Ika makan berapa biji.
  • trus ada Ayam goreng, yang sayangnya nggak ada kepala ayam. Padahal keunikan Angkringan kan karena kepala ayam dihalalkan di sini untuk dimakan bareng2 tanpa malu2 didepan orang2. Gw nggak nyobain ayamnya karena sebenernya kalo makan di angkringan yang paling asik ya sate jeroan n goreng2annya.
  • Minumannya ada beragam jenis, mulai dari es jeruk, teh manis, teh susu (ntah lah apa namanya dalam bahasa jawa). Rasanya lumayan enak, walaupun belum menyamai aslinya disono. Tapi kata mbok sul tehnya udah termasuk teh yang paling enak di Jakarta. Diluar teh Tong Tji ke sukaannya ya.
Nahhh.. yang paling woke adalah, walaupun kami ber 6 udah makan dengan bernapsu dan segila2nya.. Booo abisnya nggak nyampe 100ribu. Ya ampyuunnn hare gene di Jakarta..blessing banget dehhhh.... Dan langsunglah gw quote..tempat makan terenak yang pasti akan kudatangi terus... Yummyyyy....
Ah sudahlah dulu. Menyesal gw nulis beginian pas lagi laper. Guys.. datanglah ke tempat ini. Trus makannya menghadap ke arah ruko2nya ya, biar lupa kalo lo lagi makan di Jakarta. huihuihuihuihui....

1 comment:

Anonymous said...

angkringan juara nih, ni angkringan cabang dari solo. gw pnah mampir ke angkringannya yg di solo, ramai juga enak lagi